less plastic

Entah kenapa beberapa bulan belakangan ini ada behaviour gw yang berubah. Kemungkinan besar karena faktor ‘orang itu’ yang notabene anak lingkungan. Ya setiap kali menemani ke supermarket pasti deh dia menolak untuk memakai plastik. Awalnya sih gw heran aja dan bingung(apalagi yang jualnya :D). Gw suka nyindir “gaya banget sih mentang-mentang anak lingkungan”. Tapi lama kelamaan dia mulai terbiasa melakukannya. Bahkan belakangan kalau dia belanja pasti deh dia selalu membawa tas tenteng yang udah disiapkan untuk menampung barang-barang belanjaannya.

Gw pribadi sendiri secara refleks tiba-tiba aja melakukan itu. Misalkan barang bawaan yang gw beli dari supermarket itu relatif dikit: nasi goreng, aqua, snack, dan masih banyak lainnya. Gw menolak untuk dikasih plastik. Paling kalau banyak gw masukin ke tas. Wew gw kagum juga sama orang itu🙂

Kalau dipikir bener juga ga sih. Oke, gw pada detik itu cuma menolak satu pieces kantong plastik. 1. Satu. gak lebih.  Tapi kalo dibayangkan lebih lanjut :

Gw ke supermarket minimal sekali, beli nasi goreng kemungkinan 2 hari sekali, beli lain-lain yang pakai kantong plastik minimal sehari 2 kali. Lalu dalam satu bulan? 105 kantong plastik! Itu baru gw aja loh, coba kalau kita hitung per bulan penggunaan plastik gw dan orang itu: 210 kantong plastik dalam sebulan!! bayangkan kalo lebih dari dua orang di negara kita saja melakukan itu.

Kalo di negara lain sih udah ada usaha dengan mengusahakan kantong dari kertas. Kita kayanya masih cari aman ya. Si plastik nakal ini selain murah, gampang dipakai, juga gampang dibuatnya. Sayangnya plastik susah banget di recycle-nya. Kasian banget ya bumi kita.

Ayolah, use less plastic, awalnya sih gw cuma ngikut aja gara-gara dimarahin orang itu, tapi lama-lama gw melakukannya dengan kesadaran pribadi, good job😀

2 pemikiran pada “less plastic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s