install wordpress

– documented for someone – coba install wordpress via localhost sendiri –

Sebenernya install wordpress mirip seperti menginstall CMS lainnya (lihat postingan saya sebelumnya: install joomla). Apa sih WordPress?

WordPress adalah salah satu CMS(content Management System) dimana kita dapat memiliki sebuah web tanpa harus mengerti script di dalamnya. Di dalamnya sudah ada beragam template mulai dari template artikel, template web gallery, phone book, dan aneka feature pada web yang umumnya ada.

Keunggulannya adalah untuk orang yang gak paham html, php, css, atau bahasa-bahasa pemrograman web dapat mempunyai webnya yang cantik sendiri. Kekurangannya adalah tentunya bentuk web yang akan kita buat hanya sebatas ketersedian template yang ada karena kita tidak membuatnya sendiri.

Jika niat Anda adalah untuk langsung diterapkan di web tak perlu mengikuti langkah-langkah ini karena pada web hostingan saat ini sudah banyak CMS yang siap pakai seperti pada http://www.bytehost.com. Artinya jika Anda telah mendaftar di suatu web hosting sudah tersedia instalasi wordpress untuk langsung Anda pakai. Selain wordpress ada juga CMS lainnya seperti Drupal, joomla, dan lain-lain.

Namun jika Anda memang niat latihan dulu di komputer Anda supaya Anda benar-benar puas dalam mengutak-atik template yang telah ada, Anda boleh mengikuti petunjuk instalasi berikut untuk permulaan berlatih CMS.

  1. Apakah anda sudah menginstall web server seperti Apache? Sudahkah Anda menginstall MySql dan phpmyadmin mungkin? Kalau belum langsung aja coba install XAMPP dimana ketiga feature tersebut langsung bisa dipakai. Kalau mau installernya bisa download disini. Ikuti petunjuk installasi sampai selesai. Klik Ok saja jika Anda kurang mengerti pada pertanyaan yang diajukan oleh instalasi tersebut.
  2. Apakah Anda sudah punya package wordpress? Download CMS wordpress disini.
  3. XAMPP sudah siap, package wordpress sudah siap. Mari kita mulai saja..
  4. Cari folder XAMPP yang telah anda install berada. Defaultnya ada di: C:\xampp atau di : C:\Program Files\xampp.
  5. Pada folder XAMPP masuk ke folder htdocs.1-awal
  6. Buatlah sebuah folder disana dan beri nama yang anda inginkan Misal : ykzir. Copy package wordpress ke dalam folder tersebut.
  7. Package wordpress biasanya dalam bentuk zip atau rar. Maka klik kanan pada package tersebut pilih extract here…
  8. Jalankan XAMPP dari Start Menu: START > All Programs > Apache Friends > XAMPP. Jika Anda mengikuti langkah di atas dengan benar seharusnya akan tampak MySql dan Apache sudah run. Filezilla tidak terlalu dibutuhkan untuk saat ini.
  9. 1-xampp

  10. Masuklah ke dalam GUI pengolahan data mysql melalui phpmyadmin. Di browser anda masuklah ke halaman http://localhost/phpmyadmin . Pada bagian tengah buatlah sebuah database baru dengan nama sesuka Anda. Misal wp2
  11. wp1

  12. Masuk ke halaman http://localhost/ykzir/ (catatan, ykzir adalah folder yang telah Anda buat pada point 6) pada browser Anda.
  13. Pilih “Create a Configuration File”
  14. Pilih “Let’s Go”
  15. Masukkan form tersebut dengan:
    database name seperti yang telah dibuat tadi(dalam kasus ini wp2), username dan password disesuaikan dengan yang diinginkan(defaultnya untuk localhost adalah root dan no password), prefix tabel terserah anda(nama depan tabel di database yang telah anda buat), kemudian pilih “submit”
  16. wp2

  17. Pilih “Run The Install”
  18. wp3

  19. Pada information needed, isilah semau anda, ini dapat diganti di wp-admin nanti.
  20. wp4

  21. Pilih “Install wordpress”

Sekian tutorial dari saya, selamat berCMS wordpress!!

Satu pemikiran pada “install wordpress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s