catatan singkat(php)

wew, ini dokumentasi segala kesalahan bodoh gue dalam nyekrip php+mysql sehingga menyita jutaan miliar detik beberapa hari ini. Okey here we go:

<?php
//Oleh Ykzir

//NO.1
//dalam variabel global get, post dan request 
//BOLEH PAKE boleh juga nggak pake PETIK DUA ( " )
//atau juga PETIK SATU..
//wew semuanya boleh deh..
$_GET&#91;"id"&#93;;
$_POST&#91;'id'&#93;;
$_REQUEST&#91;id&#93;;
//dalam variabel global session juga
$_SESSION&#91;'login'&#93;;


//NO.2
//parameter dari variabel global tuh KURUNG KOTAK &#91;&#93; 
//bukan () atau 
isset($_SESSION&#91;'views'&#93;);


//NO.3
//dalam script sql di PHP tiap value mesti dikasih 
//APOSTROP atau PETIK SATU (')
//gue gak tau ini cuma berlaku di input yang isinya string 
//soalnya pernah nyoba buat yang valuenya angka bisa tanpa apostrop
// e.g. dalam kasus sql update yang formatnya:
/*UPDATE table_name
SET column1='value', column2='value2',...
WHERE some_column=some_value*/
$query = "UPDATE pembimbing 
SET nama='$_POST&#91;id&#93;', email='$mail' 
WHERE id= '1' ";


//NO.4
//format include
include("config.php");


//NO.5
//di dalam lingkup dua buah PETIK DUA 
//boleh masukkin variabel php(yang bertanda DOLLAR)
echo "Hallo $nama. Selamat datang";

//jadinya gak perlu di concatenasi, 
//tapi ini gue kasih aja referensi kalo pake teknik konkatenasi
echo "Halo ".$nama.". Selamat datang";


//NO.6
//Bahasa sql harus dimasukkin kedalam fungsi PHP mysql_query
mysql_query("UPDATE pembimbing 
SET nama='$_POST&#91;id&#93;', email='$mail' 
WHERE id= '1' ");


//NO.7
//ketika lo meng-POST ato meng-GET kan sebuah form 
//yang terjadi adalah sama dengan melink 
//page?name=value&name2=value2
//e.g :
?>
<form action="welcome.php" method="get">
Name: <input type="text" name="name" />
Age: <input type="text" name="age" />
<input type="submit" />
</form>
<?php
// form itu kalau dikirim setara kaya kalo ngirim :
// http://namawebserver.apa/welcome.php?name=Peter&age=37
?>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s