CMS dan nasib kita(kita?)

Wow CMS, siapa yang gak pernah mencoba CMS, baik sebagai admin ato menikmati sebagai guest. Kata kunci: Simpel, Keren, Dinamis. Tiga kata kunci itu rasanya cukup menjelaskan bagaimana wah-nya CMS. Sebenernya CMS tuh kenapa sih ngetrend? Apa sih contohnya CMS?

CMS singkatan dari Content Management System. Susah sih menjelaskannya, namun dengan pendekatan seperti ini mungkin kalian bisa mengerti.

Pernah membuat website? iseng-iseng ato yang gampang-gampang aja pakai notepad? ato buat dengan tekun ampe begadang malam-malam? Nah ada 2 jenis web:

  1. Web Statis: dalam web jenis ini, konten dari web akan statis. Statis disini dapat berarti isi dari web tersebut akan sulit diperbaharui. e.g Artikel nggak up to date. Web statis hanyalah web yang menggunakan HTML bahasa-bahasa lain yang user-side. Mungkin kalian bisa saja membuat web seperti ini dengan dalam hitungan detik. Buat tag HTML, tag head, body, dll, selesai. Memang gampang sekali membuatnya, hanya persoalan syntax saja. Sayang data gak bisa masuk up-to date dengan praktis. Kata kunci: statis, monoton, simpel.
  2. Web Dinamis: menggunakan bahasa server side yang akan berdampak pada web yang dinamis. Dinamis berarti up todate. Bahasa server side yang digunakan ada banyak, e.g PHP, bahasa servernya microsoft IIS, dll. Kedinamisan ini menyebabkan web akan tampil secara interaktif. Namun karena strukturnya, web jenis ini sedikit rumit untuk dibuat karena sedikit berhubungan dengan server dan database. Kata kunci: dinamis, up to date, rumit.

Sini gw beri contoh site yang seolah-olah udah jadi:

statis: web anda namanya home.php. Lalu untuk membuat artikel Anda harus mengambil artikel.html dari web hosting, membuka artikel.html melalui editor dan menulisnya dengan beragam tag-tag HTML, dan menyimpannya lagi ke web hosting. Tiba-tiba anda ingin menambahnya. Anda harus ambil lagi file tersebut dari web hosting, buka lagi artikel.html melalui editor, dan begitu seterusnya…

dinamis: misalkan web anda index.php. kita andaikan saja artikel dapat di update melalui artikel.php. Anda gak perlu ngambil filenya dari web hosting. Langsung saja di artikel.php melalui browser artikel barunya ditulis seperti menulis sebuah form atau menulis sebuah blog.

Web statis mudah membuatnya, hanya dengan tag-tag saja tapi tampilan biasa aja. Sedangkan web dinamis bagus tampilannya tapi rumit membuatnya. Nah, posisi CMS berada di tengah-tengah:

Mudah membuatnya, bagus tampilannya.

Apa hubungannya dengan nasib kita, kaum IT programmer? Dengan keberadaan CMS, jelaslah bahwa keberadaan web developer akan terancam. Dengan sedikit pembelajaran, tiap orang mungkin bisa saja membuat web keren sendiri.

Lalu bagaimana dengan kita?  Apakah pekerjaan menjadi web developer tak lagi menjadi lapangan kerja yang luas bagi kita para programmer?

2 pemikiran pada “CMS dan nasib kita(kita?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s