memproteksi konten blog kita?

Beberapa orang tidak tahan jika blognya di kopas(kopi-paste) sama orang lain, terutama jika konten blog tersebut sifatnya rahasia yang tidak rahasia😀, misalnya cerpen, atau puisi karya sendiri yang ingin dilihat orang lain tapi gak mau konten tulisannya diambil tanpa seizin penulisnya. Atau ada juga orang yang emang pada dasarnya kolot, pelit, medit, yang gak mau sama sekali kontennya diambil orang. Ya udah gak usah di publish ke blognya aja sekalian atau di set private saja. Atau kalau mau cari aman dengan memfilter orang-orang tertentu saja yang dapat melihat konten blog tersebut.

Beberapa blog ada yang memberikan fasilitas seperti proteksi penuh(cuma bisa kita yang lihat), proteksi sebagian(hanya orang-orang tertentu yang boleh ngintip) atau terbuka untuk umum, e.g Multiply. WordPress sendiri memberikan dua pilihan saja privat atau public. Lantas awa penasaran jika blog itu milik pribadi, misal web dengan CMS yang kita buat, atau beberapa blog yang gak punya banyak pilihan. Apakah ada cara tertentu untuk memproteksi blog kita?

Sepanjang yang awa ketahui ide yang bisa kita lakukan adalah meng-antisipasi klik kanan. Ide ini sudah banyak tutorialnya di internet menggunakan java script.

Source java script anti klik kanan bisa dilihat disini atau diunduh disini.

Gak semua yang keren sempurna, dia kan juga manusia😀

Namun ada beberapa jenis blog yang (sayangnya) gak memperkenankan penggunaan java script dalam postingan kita, e.g. multiply. Padahal banyak keuntungan yang dapat kita peroleh dari penggunaan javascript terutama dalam hal mempercantik halaman webpage kita. Untuk mengatasi blog yang tak bisa memperkenankan javascript Anda bisa lakukan dua hal jika memang tak mau dicuri orang: jadikan tulisan Anda menjadi satu buah gambar sehingga mengopi-paste nya pun orang akan segan atau sekalian saja tak usah publish postingan di blog tersebut.

Mungkin jika Anda akan memproteksi tulisan akan sangat berguna menggunakan teknik anti-right-click ini. Sayangnya jika hal yang ingin Anda proteksi adalah gambar-gambar yang anda posting dalam web atau blog anda, proteksi ini boleh dibilang sia-sia… karena: WYSWYcG(What you see what your computer get!)

Semua yang nampak di layar browser Anda itulah yang komputer anda terima, semua kiriman packages dari server yang anda tuju akan tertampung dalam cache komputer Anda. Terutama dalam urusan gambar. Anda bingung mengambil gambar(read: membajak gambar) dari web tertentu yang gak bisa klik kanan? Ada beberapa cara mengatasi hal ini😀

  1. Cara paling bodoh adalah dengan me-printscreen layar Anda dengan tombol yang umumnya terletak di pojok kanan atas keyboard(tombol PrtSc) sehingga gambar satu layar itu akan masuk ke dalam clipboard yang nantinya akan dapat di paste entah itu di Ms.office(e.g word, excel, dll) ataupun Paint serta media-media lainnya.
  2. Cara terlalu pintar adalah dengan mengecek folder temp letak dimana cache tempat penyimpanan barang-barang kargo internet diterima oleh komputer Anda.
  3. Cara paling simple adalah(dengan asumsi pakai mozilla firefox, blom coba di web browser lain) dengan mengambil melalui browser Anda. Maksut saya bukan dengan klik kanan tentunya, tapi dengan masuk ke: Tools -> Page Info. Di sana terdapat semua informasi tentang halaman web yang sedang anda buka, pada bagian media Anda akan melihat file-file yang sudah diterima oleh komputer Anda termasuk file image, file swf, dan lainnya.

Terakhir, nasib dari trick ini berakhir kalau setiap orang jahat yang ingin mencuri konten blog Anda: MEMATIKAN “ENABLE JAVASCRIPT” .. hihi.. berdoa saja gak semua orang tahu ini..

Pesan Moral: yah jangan pelit-pelit lah kalo punya ilmu, tapi kalau emang gak mau dicuri orang ya sudah di private saja!!

Source: here

8 pemikiran pada “memproteksi konten blog kita?

  1. beneran itu? bahkan kalo publishnya setting private?
    gimana caranya ngeliat private blog?
    😀😀😀

    yah minimal dengan proteksi kecil2an ky gini..
    orang kan harus kerja sedikit extra buat nyolongnya..

    hohoho

  2. bener banget, harusnya kalo kita surfing di dunia ini harus mengikuti netiket. Jangan asal copy-paste hasil tulisan orang lain.

    Apa susahnya sih mencantumkan penulis aslinya, kalo emang niatnya cuma ingin menyebarkan ilmu? Atau hanya ingin tenar sendiri ya..😀

  3. Anti klik kanan? Ah, itu mah keciiiiil…

    Bila klik kanan diblokir, tentu browser akan menampilkan pesan warning “right click disabled” bukan?

    Tahan terus klik kanannya, sambil hilangkan message box itu dengan menekan spasi. Lepaskan klik kanannya. Mungkin message box muncul lagi, tekan saja spasi.
    Kemudian… taraaa! Context-menu terbuka. Sok, copy atuh.


    Pikirkanlah cara yang lebih baik.

    Teknik menampilkan gambar PNG transparan dengan tag <layer> (jadinya gambar PNG transparan menutupi seluruh teks kita), itu pun hanya bekerja di browser selain IE.

    Sori kalo komen ini berlawanan dengan tujuan isi post ini.

  4. tak apa, judulnya saja sudah ambigu kok😀
    (pake tanda tanya, antara ngasih tahu dan CMIIW)

    thx for info tambahannya…
    sekalian kasih tutorial membuat layer transparan, ryan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s