great, NTLDR is missing!!

Seperti pada pembahasan awa sebelumnya tentang file system, bahwa enaknya NTFS tuh ada pada sistem sekuritas dengan enkripsi pada sistemnya daripada sistem file FAT32 atau sistem-sistem sebelumnya, dan hal ini membuat kita lebih enjoy(mungkin :D). Gak enaknya kalo ada masalah-masalah seperti ini.

Pernah tiba-tiba habis booting muncul pesan:

NTLDR is Missing..

Ini secara logika memiliki pengertian file NTLDR nya hilang! File ini biasanya terdapat di C:/ atau file system. Hilangnya file ini bisa terjadi karena hal-hal berikut:

  • dengan dodolnya terhapus secara tak sengaja. File system umumnya di hidden untuk mencegah terjadinya kesalahan seperti ini. Hehe.. tapi namanya orang terlalu jago suka ngelepas proteksi itu untuk menyembunyikan file pribadi yang di hidden.
  • terkena virus tertentu
  • dll.

Untuk mengatasinya tentu kita harus mengopi kembali file tersebut. Dan gara-gara sekuritas itulah penanggulangan “NTLDR is Missing” harus dilakukan dengan CD installer OS yang anda gunakan pada sistem file yang menggunakan NTFS.

Jika sistem Anda FAT32 dengan mudah begitu booting kita dengan mudah bisa masuk ke command prompt, walaupun problem “NTLDR is Missing” mungkin gak akan terjadi karena NTLDR dimiliki oleh sistem file NTFS saja. Sistem windows NT ke atas umumnya menggunakan NTFS oleh karenanya Anda harus memasukkan file installer OS dan barulah dari CD itu Anda masuk ke Command Prompt. Ikuti langkah biasa, copy file NTLDR itu.

————————–edited—————————–

Berhubung di komen ada yang nanya apa pengertian NTLDR saya tambahin disini deh ya.

Kalau analisis dari saya adalah :

Apa pengertian dari NTLDR? Singkatan dari NT Loader, dimana NT adalah sistem operasi 32-bit windows *google* (versi setelah windows ME kalo gak salah) yang menjadi basis dari sistem operasinya windows 2000, windows 2003, dan windows XP.

Kenapa kalo loader nya hilang urusannya jadi kacau? Karena Saat pertama kali booting, komputer pertama kali akan mengakses satu blok pada hardisk kita (yaitu si loader ini) yang akan menyiapkan file-file sistem lainnya yang dibutuhkan agar komputer bisa bekerja. Nah kalau file yang diakses pertama kali booting gak ada gimana komputer bisa mulai menyiapkan file-file agar OS nya bekerja?

Tapi kenapa komputernya masih bisa nyala dan munculin pesan eror kalau NTLDR emang missing? Ya itu karena yang kacau OS-nya, tapi untuk bootingnya sendiri menggunakan sistem BIOS jadi gak ada hubungannya NTLDR missing sama gak bisa nyala. Kecuali kalau BIOS nya diserang virus.

NTFS? Sama aja dengan NTFS (NT File System). Sistem manajemen filenya sistem operasi NT. Penjelasan tentang Sistem Manajemen File (File System) sok cek aja di wikipedia lengkap.

3 pemikiran pada “great, NTLDR is missing!!

  1. Kalau analisis dari saya adalah :

    Apa pengertian NTLDR? NT Loader, dimana NT adalah sistem operasi 32-bit windows *google* (versi setelah windows ME kalo gak salah) yang menjadi basis dari sistem operasinya windows 2000, windows 2003, dan windows XP. Kenapa kalo loader nya hilang urusannya jadi kacau? Karena Saat pertama kali booting, komputer pertama kali akan mengakses satu blok pada hardisk kita (yaitu si loader ini) yang akan menyiapkan file-file sistem lainnya yang dibutuhkan agar komputer bisa bekerja.

    NTFS? Sama aja dengan NTFS (NT File System). Sistem manajemen filenya sistem operasi NT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s