oh, ternyata..

oh ternyata begitu.. gw baru tau kalau sebenarnya yang buat cepet facebook bukan java script tapi most of it AJAX..

deeeeemn.. rupanya begitu, gw udah curiga ama kecepatan akses facebook yang ruaar biasa.. perbedaannya sebenarnya “terasa” lumayan jelas sih..

Ini salah satu penggunaan java script pada editing konten blog multiply (perhatikan dengan baik penanda penggunaan javascript di pojok kiri pada gambar di bawah):

Screenshot dari penampakan java script

Jujur, karena gw belom tahu banyak tentang ajax, dan belum pernah nyoba nambahin kode javascript ke site-site gue(lebih tepatnya gak memungkinkan), jadi penjelasan gw lebih kepada feeling yang gw rasakan mengenai perbedaan javascript dan ajax.

saat gw meng’click’ button yang mengaktivasi si javascript, perubahan yang tampak tuh kebanyakan seperti munculnya window2 yang gak bakalan mempengaruhi site itu, kalo di gambar atas langsung muncul kotak ungu yang melingkupi, setiap konten. Bisa juga muncul window seperti notifikasi sendiri.

Untuk masalah akses, ada yang terasa berbeda… ajax tuh lebih misterius (😀 yah secara gw blom tau). tapi beneran de, misal aja kita neken button yang mengaktivasi suatu kode ajax, perubahan yang terjadi gak begitu kelihatan, tapi berubah, seperti pindah halaman pada halaman facebook.. sedangkan kalo javascript perubahannya kelihatan.. apa ini cuma perasaan gua doang, ya?

gua baru nyadar kalo facebook pake ajax, setelah internet tiba2 gak connect dan muncul notifikasi seperti ini…

penyadaran gw atas ke`ajax`an facebook

munculnya windows notifikasi pada facebook juga keknya karna bang ajax.. uniknya si ajax tuh dalam kasus-kasus tertentu efeknya mirip dengan flash(dalam speed mode.. brati flash FLASH.. soalnya kalo flash kan lambat banget ..)

oh, meeen, gw pengen bisa buat site kek gini, dimana semua orang gak ada yang marah karena lemotnya site itu…

2 pemikiran pada “oh, ternyata..

Tinggalkan Balasan

