perang mart

whew, belakangan perang antara mart semakin menggila. Persaingan antara pelaku franchise atau pedagang semakin ketat, dan menggunakan segala cara. Cara persaingan yang wajar tuh dulu dengan bersaing harga. Biasanya para pedagang dulu mainannya banting harga. Diskon inilah diskon itulah, kaya jualan voucher hape di jaman ini. Tapi sekarang saingannya udah melewati level berikutnya:

Skala kecil:
Warung deket rumah, dulu di sana terdapat satu warung yang menjajakan bahan makanan sehari-hari dari telor, snack, tepung, dll. Beberapa tahun berlalu, dan sekarang di sebelah warung itu persis ada warung yang menjajakan konten warung yang sama. Gw heran apa pemilik warung yang baru begitu pede dan gak sungkan bersaing dengan tetangganya ya?

skala menengah:
indomaret vs mart lain
Entah kebijakan dari indomaret atau memang yang membeli franchise yang sudah gila dalam mengambil keputusan, tapi lokasi pendirian indomaret sekarang sudah aneh banget. Suatu ketika gw melihat Alfamart baru aja berdiri, dan laku keras. Beberapa Bulan setelahnya indomaret berdiri di sebelahnya persis. Kejam juga menurut gw. Di tempat lain, dekat kosan gw di bandung, ada mart yang sama sekali gak ada franchisenya(alfamart sih masi bisa bersaing lah ya) mart ini udah lama banget disitu, dan beberapa bulan yang lalu, indomaret berdiri tepat di seberangnya.
Wah, macem-macem aja…

skala gede:
mall vs mall
gw langsung menunjuk pada mall di depok: depok town square vs margo city
kalau dipikir seharusnya mereka mikir bahwa otomatis pengunjung mereka akan tereduksi hingga 50% kan atau saling membunuh satu sama lain.

Satu hal yang positif dari persaingan gila ini adalah timbulnya kompetisi dan inovasi dari pemilik bangunan/franchise nya. Coba lihat saja si unknown mart yang diseberangnya kini ada indomaret. Karena tahu franchise macam indomaret tutup sekitar jam 10-11, dia mengakalinya dengan buka hingga jam 1- jam2 malam, dan buka lebih awal. Hasilnya, secara itu daerah anak kosan deket kampus yang banyak pulang malem, jam-jam malem itu jamnya si unknown mart untuk meraih untung secara max. Inovasi si unknown mart itu juga mengandalkan harga murah yang bersaing dengan harga murah indomaret.

wadoh.. berdagang aja bersaing nya separah itu, gimana kalo kerja ya?

PS. blakangan gw karena begitu malesnya nyari topik blog, udah aja asal copas dari blog MP gw.. yasudah lah ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s