Technology or technique???

rasanya bahasa inggris sama bahs Indonesia gak bisa disamain ya…
seperti konsep teknologi di Indonesia mungkin di dunia sana mereka menyebutnya Concept in Engineering…

mungkin kalian mikir “lu ngomong apa sih?” tapi klo dipikir lebih dalam mungkin kita itu sebenarnya cuma bisa ngomong doang. emangnya kalian tahu makna teknologi yang sebenarnya? nggak kan? saya  juga gak bgitu mengerti sih , tapi saya cuma sekedar mengungkapkan pendapat aja…

teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi). Oleh karena itu, kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat.

itu menurut wikipedia…

tapi menurut saya teknologi itu berarti suatu hal–apapun– yang menggunakan prinsip-prinsip pengetahuan dan efisiensi, profesional serta harus terstruktur.
oh, ya teknologi lebih bersifat peradaban, atau sesuatu yang dianut atau dijadikan pegangan.

misal, itb mengapa tidak institut teknik tapi teknologi?
itu karena menurut saya ITB adalah lembaga pendidikan yang profesional, yang mengelompokkan bidang-bidang pengetahuan yang serupa lalu menjuruskan anak didiknya pada bidang-bidang yang khusus, sehingga menciptakan tenaga-tenaga yang profesional pada bidangnya masing-masing.
kenapa tidak teknik? menurut saya ‘teknik’ itu sifatnya lebih sempit. sehingga tidak cocok untuk lembaga pendidikan yang tidak mengajarkan satu bidang khusus tertentu, tetapi beragam.

that’s all what I say…
jujur aja artikel ini saya tulis karena ditanya ma dosen, pak Budi
Beliau banyak membuka pikiran saya tentang hal-hal yang tak terpikirkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

