Simple Error Analysis

Dalam pengukuran, sering terjadi kesalahan. hal itu bisa terjadi karena kesalahan dari kita, atau sistem. kesalahan yang terjadi, bisa karena kita tak melihat tegak, akurasi dan presisi dalam pengukuran, dan kesalahan-kesalahan lainnya.

Dalam alat satuan ukur seperti penggaris, untuk mengukur sebuah panjang benda tertentu, tidak mungkin akan selalu tepat. Dua hasil perhitungan yang mungkin yaitu:

Integer(sering dipakaidalam bahasa programming) berarti angkanya bulat. Menghitung dengan tipe integer tidaklah sulit, bahkan angkanya pasti.

Sedangkan angka real, yang memuat desimal di dalamnya, akan sulit sekali untuk dihitung. Apalagi kalau pakai penggaris yang angka terkecilnya 0.1 cm. Lebih rawan mengalami kesalahan pengukuran.

Dalam pengukuran kita sering tertukar dalam pengertian ini

Akurasi atau Presisi ?

AKURASI itu hasil pengukuran yang pasti ada BENAR nya. Misalnya dari 10 kali percobaan menambak semuanya kena pusat, atau cuma dua yang kena, itu akurat.

Kalau PRESISI itu hasil pengukuran yang secara berulang menjawab sama. Misal, dalam kasus yang sama 10 peluru kena bagian pusat atau 10 peluru semuanya mengenai bagian bawah target.

Random error atau Systematic error?

RANDOM ERROR terjadi misalnya ketika melakukan pengukuran berulang. Merupakan hal yang sulit untuk bisa mendapatkan hasil pengukuran yang sama dengan sebelumnya, meskipun udah nutup mata yang satu dan melihat dengan tegak lurus.

SYSTEMATIC ERROR terjadi karena bawaan atau memang dari sistemnya. Misalnya alat ukur dari besi yang digunakan di kutub dengan temperatur jauh dibawah 0 derajat akan berbeda ukurannya dengan saat di tropis(bersuhu + 25 derajat). Alat ukur jadi tidak baku karena alatnya menyusut.

Ketaktentuan atau Kesalahan?

KETAKTENTUAN merupakan hasil dari random error dan menyebabkan pengukuran kurang presisi.

Sedangkan KESALAHAN dapat diartikan sebagai perbedaan antara hasil pengukuran dengan pengukuran yang sebenarnya.

Dalam pengukuran konsep angka penting sangat dibutuhkan. Ini akan dibahas selanjutnya…

Okay?!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s