APRS(Automatic Packet Reporting System) dan eQSO

<Tugas ARC minggu ke-5>

APRS

[apa tuh APRS??]
Sistem yang dikembangkan oleh Bob Bruninga pada akhir 80-an ini merupakan sistem berbasis radio amatir yang biasa digunakan untuk komunikasi digital secara ‘real time’. Mungkin kalian langsung paham jika saya katakan bahwa sistem ini adalah cikal bakal GPS. Huruf P yang berarti posisi baru dipakai setelah tahun 1990 untuk mendeskripsikan dengan lebih umum. Sebelumnya P berarti Paket.

[Implementasinya?]
Implementasi secara sederhana, APRS digunakan untuk mengirim data, informasi, dan laporan tepat tentang lokasi orang atau objek secara ‘real time’ dikirim melalui frekuensi radio amatir. APRS juga mampu mengirim berbagai macam data termasuk laporan cuaca, pesan singkat, telemetrik data, maupun perkiraan badai. Setelah dikirim, laporan ini dapat dikombinasikan dengan komputer dan software pemetaan unuk menampilkan data yang dikirim dalam tampilan secara presisi.

eQSO
[Apa itu eQSO?]
eQSO adalah layanan Voice over Internet Protocol (VoIP) yang dikembangkan untuk amatir radio. Ini memungkinkan amatir radio untuk saling terhubung tidak hanya menggunakan media udara, tetapi juga melalui Internet. Ini membuka peluang amatir radio dapat menikmati kebebasan berkomunikasi antara amatir radio lainnya melalui frekuensi radio, melalui Internet atau campuran keduanya.

[Sejarah eQSO di Indonesia]
Berhubung luasnya wilayah Indonesia dan tidak terhubungnya antar repeater-repeater amatir radio yang jaraknya relatif jauh, membuat para amatir radio dan para anggota maling list orari menggagas ide VoIP untuk menghubungkan repeater-repeater yang jaraknya saling berjauhan. Pada tanggal 12 Agustus 2002 hal yang diidamkan akhirnya menjadi kenyataan. Komunikasi berjalan mulus, walau ada sedikit delay.

Hubungan ini sempat mati suri karena repeaternya tersambar petir, namun kembali dihidupkan dengan mencegah jika satu mati akan berpindah ke server berikutnya.

sumber:
wikipedia.org
eqso.orari.web.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s