Google via OSI Layer

Apa yang terjadi kalau kita buka google lewat Osi Layer?

Apa yang akan terjadi?? ah saya kurang begitu mengerti dalam bagian ini…

pertama, apa itu OSI layer? tunggu dulu kita kita menilik lebih jauh… kita sebenarnya membahas apa sih?

Pertama, dalam pengiriman data dari satu komputer ke komputer lainnya, dikenal suatu pengiriman paket. Jadi data yang akan kita kirim bukan dikirim secara keseluruhan, melainkan “dipaketkan”. Apa maksudnya?

Istilahnya data  dibongkar lalu tiap bagian kita kirimkan melalui jalur yang berbeda-beda melalui tahap atau layer tertentu, lalu ketika sampai pada komputer yang akan dituju akan dibangun menjadi utuh. Sistem ini menguntungkan, karena jika dalam perjalanan mengalami kerusakan, tidak lantas rusak secara keseluruhan, melainkan hanya bagian yang rusak saja, kemudian data yang rusak tersebut dapat merequest untuk pengiriman ulang. Seperti itu analoginya.

dalam jaringan OSI adalah sebuah kerangka layer urutan pengiriman paket-paket tersebut. Urutannya adalah :

  1. Aplication
  2. Presentation
  3. Session
  4. Transportation
  5. Network
  6. Data Link
  7. P…(lupa)

Nah, untuk alamat IP seperti http://google.com termasuk ke dalam bagian aplikasi. Jadi yang saya tangkap dari membuka google via OSI Layer adalah akan terjadi pegiriman paket data menuju server lalu diteruskan kepada Google itu sendiri, dan Mereka akan resent data yang kita minta kepada kita melalui proses yang sama.

Demikian jawaban dari saya, jika salah mohon dikoreksi.

2 pemikiran pada “Google via OSI Layer

  1. wogh tahun lalu masih blom ngerti…
    ya, physical layer ternyata…

    umumnya dijelasin nya 7 layer
    tapi simpelnya tuh 4 layer…
    ntar kalo lagi rajin gue ceritain ulang deh osi layer tuh cem apa
    osi layer tuh analogi cem apa
    dll..

    presentasi tuh gak bisa dengan enaknya disebar2in, maaf aja

    ntar kalo mau gw kasi pdf ttg osi layernya aja…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s