de histori of FreeBSD

Logo FreeBSD
Bagaimana FreeBSD bisa berkembang sampai seperti sekarang ini? Ini adalah sebagian ceritanya…

Proyek FreeBSD diawali pada awal 1993. Proyek ini merupakan pengembangan dari proyek sebelumnya, Unofficial 386BSD, yang merupakan operating sistem dari seorang Bill Jolitz.

Namun karena mengalami pengabaian dari sekitar selama setahun, Bill Jolitz memutuskan untuk keluar dari projek tersebut. Nate Williams, Rod Grimes, dan Jordan Hubbard-lah yang tersisa. Tapi keterkejutan mereka yang tersisa tidak bertahan lama, dan mereka memutuskan bahwa tujuan mereka masih ada, walaupun tanpa Bill Jolitz, sehingga mereka mengadopsi nama FreeBSD sebagai pengganti dari 386BSD. Setelah berkonsultasi dengan current users system mengenai objektif mereka, mereka semakin yakin bahwa proyek itu akan menjadi kenyataan. Mereka menghubungi Walnut Creek CDROM untuk mendistribusikan proyek mereka; dan lebih dari itu Walnut membantu dalam hal supporting lainnya. Tanpa bantuannya entah apakah proyek mereka akan berkembang seperti saat ini atau tidak.

FreeBSD 1.0 dirilis Desember 1993 berbasis 4.3 BSD-Lite (Net/2) dari U.C.Berkeley, 386BSD dan Free Software Foundation. Diikuti FreeBSD 1.1 yang mengalami kesuksesan, dirilis pada Mei 1994.

Masalah sedikit muncul setelah Novell dan U.C. Berkeley menuntut mereka atas legalitas dari Net/2 tape yang menjadi basis proyek mereka. U.C. Berkeley menyebutkan bahwa sebagian besar Net/2 dipakai yang juga merupakan properti dari Novell. Untuk mengatasi hal itu dirilislah 4.4BSD-Lite, dan segera diterapkan pada FreeBSD 1.1.5.1 yang dirilis tepat sebelum deadline berakhir.

FreeBSD terus dirilis, dan pada Agustus 1996 dirilislah versi 2.1.5 dan kemunculannya dikalangan ISP dan komunitas komersial menjadi populer karena 2.1Stable Branch-nya.
Sekarang dalam pengembangan jangka panjang untuk melanjutkan 7.XCurrent branch dan SNAPshot releases on CDROM.

(from official site free BSD, http://www.FreeBSD.org : Manual FreeBSD Books)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s